Translate

Monday 25 February 2013

Fungsi Model Release Untuk Microstock Fotografer

Tahukah anda tentang model release?
Sebenarnya sudah banyak blog atau website maupun forum yang membahas tentang model release, namun saya akan coba mengupasnya lagi supaya anda lebih mengerti pentingnya model release untuk fotografer

Model release adalah sebuah pernyataan izin dari seorang model yang ada dalam sebuah karya foto, jadi foto yang ada obyek orang itu tadi bisa di komersilkan dan di publikasikan tanpa ada tuntutan dari si model.

Dan untuk microstock fotografer hukumnya wajib karena setiap foto yang mengandung unsur model harus disertai model release.

Ada dua tipe model release untuk microstock fotografer yaitu untuk model dewasa dan model dibawah umur, kalau kita motret anak dibawah umur harus ada wali yang menanda tangani model release tersebut dalam hal ini orang tualah yang menjadi wali.

Kemudian apakah fotografer membayar model untuk menandatangani release tersebut?
Jawabnya tergantung, tergantung dari negosiasi kita. Jika untuk model yang dibayar, kita tentunya harus membicarakan dari awal untuk apa foto yang kita buat dan penggunaannya kelak. Modelpun wajib menandatangani model release karena kita sudah memberikan mereka kompensasi.
Sedangkan untuk foto2 yang kita ambil secara iseng gak ada salahnya kita basa basi dengan sang objek... Negosiasi dengan komunikasi yang baik bisa membuat objek foto bersedia menandatangani model release.

Dibawah ini adalah contoh form model release untuk microstock fotografer

Dan di setiap agency stock foto anda bisa mendownload form model release untuk keperluan stock foto anda yang ada unsur modelnya. Akan tetapi masing masing agency ada logonya.
Namun contoh disamping ini sudah saya modifikasi sedemikian rupa sehingga bisa di gunakan untuk semua agency microstock atau sebut aja model release universal, maksudnya biar nggak repot . Jadi misalnya kalo kita adalah contributor(fotografer) di 5 stock photo agency cukup hanya tanda tangan sekali aja.

Jika anda ingin model release universal saya bisa kirim lewat email dan bisa digunakan untuk keperluan stock photo


Mungkin sudah cukup mengenai model release, dan anda juga bisa baca artikel terkait tentang


1. Cara Mendapatkan Uang dari Foto-Bisnis Fotografi Online

2. Cara Mengisi Form Tax W-8BEN

3. Cara Menambahkan Judul, Deskripsi Dan Kata Kunci

4. Tutorial Photoshop Cara Bikin Tone Foto 

5. Microstock Cara Bisnis Menjual Foto Online 

6. Application Quiz Answers iStockphoto 

Semoga bermanfaat 




















84 comments:

  1. Dear Mba Niken, saya tertarik dengan Model Release Universal ini, apakah berkenan untuk dikirimkan ke ismu.hasyim@gmail.com ?

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di cek e mail nya...

      Delete
    2. Halo mbak Niken, salam kenal. Mbak mohon dikirimkan Model Release Universal nya ya. Saya baru belajar di Microstock, semoga bisa seperti mbak Niken. ini email saya megalaumen@hotmail.com

      Delete
    3. Permisi mbak saya tertarik apakah mbak bisa mengirim ke email saya , arijaksonoseptyan@gmailcom, terimakasih ,saya sudah baca banyak artikel si embak sangat bermanfaat

      Delete
  2. Dear mb Niken, saya yani, salam kenal. Saya ingin belajar lebih banyak tentang fotografi, saya masih mencari-cari aturan dalam memotret, saya browsing, dan ketemu dg post mb tentang Model Release Universal saya tertarik dengan Model Release Universal ini, apakah berkenan untuk dikirimkan ke sitimasriani@gmail.com terimkasih banyak mb..

    ReplyDelete
  3. dear Mba Niken, sy baru belajar photography. Boleh di email Model Releasenya ke lee_yoon_jae@yahoo.co.id. thx atas bantuannya. GBU

    ReplyDelete
  4. Dear mba Niken, saya tertarik dengan model release universal di artikel ini, bisa dikirimkan ke e-mail saya mba, ke dharma_mesin05@yahoo.com terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  5. halo mbak niken, salam kenal. saya teo, saya baru belajar fotografi, dan saya tertarikdengan model release universalnya. boleh di kirimin nggak mbak e-mail saya teo_tarigan@yahoo.com terima kasih ya mbak..

    ReplyDelete
  6. halo mbak, mohon dikirim form release universalnya ke reza_2906@yahoo.co.id
    terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. blog mbak keren sekali, sya tertarik juga sma form release universal nya. ini mbak alamat email saya edhy03@gmail.com terima kasih.

    ReplyDelete
  8. selamat malam... saya jey, dan sedang mencoba peruntungan dalam dunia fotografi, bolehkah kiranya saya juga dishare form model releasenya ke email arvin.radcliffe@gmail.com, mbak...

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  9. mbak tlong bagi model relesasenya kikien29@gmail.com. terima kasih

    ReplyDelete
  10. Punten boleh kirim model release ke email saya ya...........

    bujurkatel225@gmail.com

    hatur nuhun

    ReplyDelete
  11. Permisi mbak..
    Tolong dikirim dong model releasenya..

    pandu_rama34@yahoo.co.id

    terima kasih
    Salam Jepret

    ReplyDelete
  12. Halo Mbak,
    Minta tolong kirim model release nya donk mbak, ke ferysantoso16@yahoo.co.id
    Terinspirasi kisah mbak yg berkarya di microstock. Matur nuwun.

    ReplyDelete
  13. Sangat membantu infonya mba
    Mbak, boleh saya minta form model release universalnya?

    mohon dikirim ke alizarkasi@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  14. Mba Niken, saya minta di kirim juga donk form model release universalnya ke
    u.irwan@gmail.com

    Tk.
    Salam,

    ReplyDelete
  15. makasih banyak infonya om sangat membantu. Kalau s om sedang dalam waktu luang minta d kirim dong om model release nya k email saya. makasih : D

    ReplyDelete
  16. halo, mb niken saya baru ni di dunia microstock. Lagi Googling, masuk kmari., boleh dong dikirim model releasenya. ini iel saya rinimayasofa@gmail.com

    trimakash

    ReplyDelete
  17. Hali mba, saya ingin mendalami tentang fotografi, jadi boleh saya minta model release di kirmkan ke email saya??

    muhammad.saka.69@gmail.com

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  18. bagus artikelnya mbak, boleh minta file model release nya? saya baru mencoba join di microstock. terimakasih.

    pathulmubin91@gmail.com

    ReplyDelete
  19. saya tertarik dengan model releasenya. ini email saya ; riszvector@gmail.com
    terima kasih niken dwi rahayu

    ReplyDelete
  20. Hi mb niken, artikelnya sangat menarik. Semoga mbak berkenan mengirimkan model release universalnya ke yusuf.rabbani@ymail.com..
    Thank's

    ReplyDelete
  21. artikelnya sangat menarik, saya butuh model relase ny jordanpigi@gmail.com
    terima kasih

    ReplyDelete
  22. Artikel nya sangat membantu dan menarik, semoga mba berkenan mengirimkan Model Release Universal nya ke email saya muel.bangun@gmail.com
    sebelumnya terima kasih buat mba Niken Dwi Rahayu :)

    ReplyDelete
  23. Sebelumnya terima kasih mbak, artikelnya sangat membantu.
    Kalau boleh saya dikirimin juga donk Model Release-nya ke email saya di ocidbrass@gmail.com.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  24. Artikelnya sangat membantu mbak. semoga mbak berkenan mengirim Model Release Universal nya ke email saya
    adiwijayanto14@gmail.com
    terimakasih banyak mbak :)

    ReplyDelete
  25. Nice artikel mba. Saya boleh minta dikirimin model release universalnya di email audiophile_mania@hotmail.com. Makasih byk mba niken

    ReplyDelete
  26. setelah googling alhamdulillah dapat juga,
    please kirim model release nya juga ya.. haerulsaid14@gmail.com
    terimakasih..

    ReplyDelete
  27. mbak ,mintak tolong kirim model releasenya ke bayoe.helmi@gmail.com
    saya tunggu y mbak,terima kasih banyak

    ReplyDelete
  28. bermanfaat sekali artikel kak tolong kirim formnya please di izzamilla93@yahoo.com

    ReplyDelete
  29. berkena model releasenya kirim ke alamat email di bawa ini :
    willy.eleven@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Berkenan untuk dikirim model release ke email ini : abiyyu.ua@gmail.com
    Terimakasih admin, nice info

    ReplyDelete
  31. Halo Mba Niken, saya tertarik dengan Model Release Universal ini, apakah berkenan untuk dikirimkan ke satryaditaq@yahoo.com ?
    terima kasih mba ^^

    ReplyDelete
  32. Berkenan untuk membagi model release universalnya ke hasnayanun@gmail.com

    ReplyDelete
  33. hai mba, boleh minta kirim model releasenya ke dony_nv@yahoo.co.id

    terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  34. Hai...Mbak saya sangat tertarik sekali dengan informasi Yg mbak kasih ttg model release, bula berkenan share juga ya mbak ke email saya mrfahmi.firdaus@gmail.com

    ReplyDelete
  35. hai mba, boleh minta kirim form model releasenya ke muhteguh18@gmail.com, sebelumnya terimakasih yaa, blognya bermanfaat banget, membawa orang untuk semangat berkreativitas..

    ReplyDelete
  36. Dear Mba Niken, saya
    tertarik dengan Model
    Release Universalnya jika berkenan mohon dikirim ke email saya. waukateyauraimond@gmail.com terima kasih. ada situs untuk berjualan foto online juga alamatnya www.foap.com

    ReplyDelete
  37. Mba niken saya sangat tertarik dengan model releas universal nya, saya masih belajar Fotografi dan ingin menghasilkan uang dengan fotografi,,
    boleh saya minta Model Release nya mbak,, kirim kesini ya mbak agung1019@gmail.com
    Terimakasih Mbak

    ReplyDelete
  38. salam mbak niken, sukses selalu, bolehkah saya di emailkan model releas universal nya ke email saya : taufiktaufani@gmail.com ?...
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  39. Dear Mba Niken, saya tertarik dengan Model Release Universal ini, apakah berkenan untuk dikirimkan ke rianadam9@gmail.com ?

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  40. Dear Mba Niken, saya tertarik dengan Model Release Universal ini, apakah berkenan untuk dikirimkan ke rianadam9@gmail.com ?

    Terima kasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  41. Salam bu niken...mohon di bantu buk utk form model release universal nya ke chariawan.wijaya@gmail.com

    makasi sebellum na buk...salam sukses...

    ReplyDelete
  42. Mbak Niken, kalau berkenan mohon dikirim model release ke email ini : impartial.hehehe@gmail.com

    Terimakasih sebelumnya, nice info

    ReplyDelete
  43. Dear Mba NIken,

    Kalau berkenan mohon dikirim model release universalya ke email saya di mochammadbayu.r@gmail.com ya Mba. untuk model release ini setelah di tanda tangani apakah harus kita scan adn di kirim kemana Mba? atau di website microstock tersebut ada menu untuk inpur model release tersebut?
    terima kasih bila Mba NIken berkenan menjawab.

    terima kasih
    Bayu

    ReplyDelete
  44. Halo mba Niken, saya minat sekali dengan Model release universalnya...sudah lama saya cari-cari belum ketemu juga tolong dong dikirim ke email saya
    mazfamilano@gmail.com

    ReplyDelete
  45. mau dong mba universal model realease nya,,ke gesitrv@gmail.com. tnx sebelumnya...

    ReplyDelete
  46. mbak niken boleh share juga dong ke email saya
    berguna banget ini
    kirim ke yoseabdurrahman@gmail.com ya mbak
    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  47. mbak niken boleh juga di share ke email saya desajangkang16@gmail.com terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  48. Halo mba niken, bagus skli blog nya.. share jg dong ke email saya syarif.yurika.gmail.com thanks.. ^_^

    ReplyDelete
  49. mbak niken boleh juga di share ke email saya harisyudhapsht@gmail.com terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
  50. Boleh minta tlong from model relese k jajankrohman@gmail.com trimakasih

    ReplyDelete
  51. uncle boleh minta model releasenya universalnya, dzikykurniawan@yahoo.co.id makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  52. Hallo mbak niken, terimakasih infonya sangat membantu sekali buat saya yg mau memulai di microstock, kalau berkenan saya jg mau minta model release universalnya ke email saya: fiqprast32@gmail.com , terimakasih mbak 😊

    ReplyDelete
  53. Mbak niken boleh juga di share dong model release universal ke email saya adinasta8@gmail.com terima kasih

    ReplyDelete
  54. Mba Niken ,boleh minta MODEL RELEASE nya juga ?
    Email :: Cool_birin@yahoo.com .Makasih

    ReplyDelete
  55. Mbak Niken, saya minta model release universal nya juga ya,.. Email:bp044905@gmail.com Terima Kasih

    ReplyDelete
  56. selamat pagi mbak, saya tertarik dengan model relese milik mbak boleh tidak saya minta dikirim ke email saya n_bayuadi@yahoo.com
    terimakasih suskes selalu

    ReplyDelete
  57. Mba Niken saya boleh minta model release universal ?
    Email saya : saiful19081989@gmail.com

    ReplyDelete
  58. slm kenal mbak...minta donk model release universalnya...daravsbunda@gmail.com
    mksh

    ReplyDelete
  59. slm kenal mbak...minta donk model release universalnya...daravsbunda@gmail.com
    mksh

    ReplyDelete
  60. Embak niken, saya minta tolong kirimin model release universalnya dong. Karna saya masih pemula. Nurhanif1001@gmail.com

    ReplyDelete
  61. Dear Mba Niken, saya tertarik dengan Model Release Universal ini, apakah berkenan untuk dikirimkan ke hendrakwn11@gmail.com ? Terimakasih

    ReplyDelete
  62. Halo mbak Niken, salam kenal. Mbak mohon dikirimkan Model Release Universal nya ya. Saya baru belajar di Microstock, semoga bisa seperti mbak Niken. ini email saya normadjava@gmail.com

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. mbak niken saya saya juga tertarik dengan Model Release Universal ini, saya ucapkan banyak terima kasih jika mau berbagi ke email saya prasenja@yahoo.com. salam, mbak.

    ReplyDelete
  65. selamat siang mbk Niken, terima kasih atas infonya, saya sangat tertarik untuk mencoba menjual foto saya, kalau berkenan saya ingin model release universal ini, bisa dikirimkan ke padioryzaa@gmail.com

    ReplyDelete
  66. Dear mba Niken, artikelnya mempesona,saya kok jadi tertarik sama Release Universal nya.. 😁, kalau mba berkenan sangat berterimakasih saya ucapkan telah mengirim ke email saya surya16hobbyland@gmail.com

    ReplyDelete
  67. dear mbak niken .infonya sangat membantu .kalo gk keberatan mengirim model release ke imail saya
    trimakasih banyak

    ReplyDelete
  68. dear mbak niken. nice article post. saya pemula di shutterstock. penjelasan model release yang mbak niken sampaikan sangat jelas untuk membantu saya dalam legalitas model foto. Saya berharap jika mbak niken tidak keberatan untuk mengirimkan model release-nya ke email saya (shalih99@gmail.com) terimakasih untuk perhatiannya. salam photographer indonesia. ditunggu kabarnya ya mbak. nyuwun sewu

    ReplyDelete
  69. mba niken,mohon dikirimkan ke saya model release ke always.anointin9@gmail.com. terima kasih

    ReplyDelete
  70. Salam fotografi mba Niken semoga sehat selalu. Artikelnya dapat di fahami dengan mudah dan sangat jelas, saya awam di shutterstock dan ini sangat membantu saya untuk kedepannya. jika mba Niken tidak keberatan untuk memberikan saya Model release-nya, bisa di kirim ke email saya (muhammad.qadrianwar@gmail.com). terimakasih sebelumnya dan akan di tunggu :)

    ReplyDelete
  71. Mohon dikirimin format model releasenya mba Niken ke em.f.makmur@gmail.com terima kasih sebelumnya, salam fotografi

    ReplyDelete
  72. assalamualaikum

    mba Niken saya tertarik dengan format model releasnya , kalau berkenan kirimkan ke email saya kurniawandeny20@gmail.com

    terimakasih mba

    wasalamualikum wr.wb

    ReplyDelete
  73. My Stock Photos
    Finding high-quality, free to use images is a major battle every blog writer fights. Great imagery is a crucial piece of a great blog article. The next entry on our list of the best blogging tools – My Stock Photos – helps you do just that – find amazing, high-quality stock images. Free of charge.
    You really can’t beat free. Just don’t go overboard on adding tons of random pictures to your posts now that you have access to them. Make sure they’re all relevant and add value.

    ReplyDelete
  74. Dear mb Niken, saya Angga, salam kenal. Saya ingin belajar lebih banyak tentang fotografi, saya masih mencari-cari aturan dalam memotret, saya browsing, dan ketemu dg post mb tentang Model Release Universal saya tertarik dengan Model Release Universal ini, apakah berkenan untuk dikirimkan ke anggaindrayanto8@gmail.com terimkasih banyak mb..

    ReplyDelete
  75. Saya tertarik MR universal, tlong kirim ke rahmad.himawan23@gmail.com

    ReplyDelete
  76. halo mba niken, saya arsyad juga tertarik dengan model release universalnya, apakah mba berkenan untuk mngirimkannya kepada saya melalui email, arsyadborneo8@gmail.com

    terimakasih sebelum dan sesudahnya mba

    ReplyDelete
  77. Saya tertarik dengan model release universal nya ini mail saya yusufevendi754@gmail.com

    ReplyDelete
  78. Mbak minta model realease universalnya

    ReplyDelete
  79. Kami tertarik dengan model release universal nya mba. ini mail saya tinatini46@gmail.com

    ReplyDelete
  80. Mbak saya tertarik dengan model release universal nya ini email saya : almahdijihadiahmad@gmail.com

    ReplyDelete
  81. Halo mbak, saya tertarik dengan model releasenya, boleh diemail ke febian.ns@gmail.com 😃

    Terima kasih banyak

    ReplyDelete